Oleh: Ningrum | 2 September 2008

Satu Tahun Blog Perempuan”nya” Ningrum

Dalam kebelum se-penuh-annya keyakinanku, dengan segala keadaan dan ke-apa adaan-nya blog ini, masih ada kata; “Yang penting menulis selama masih bisa tak meninggalkannya, selama masih ada yang bisa dimaknai dan dikhidmati“.
Juga barangkali karena seperti yang pernah ditulis-dikutip Muhidin “Scripta Manent Verba Volant; Yang tertulis akan tetap megabadi, yang terucap akan berlalu bersama Angin.

* * * * *

Sudah satu tahun tinggal (numpang geratisan) di wordpress. Aku merasa belum ada yang berubah pesat. Ada perubahan sedikit, tadinya blog anonim, sekarang sudah ada nama pemostingnya; ningrum;nama asliku. Namaku hanya satu suku kata (ningrum sudah termasuk di dalamnya) diawali dengan huruf konsonan dan sangat lekat dengan dunia pendidikan. Kalo Amridinata-nya bukan nama sesungguhnya milikku. Itu kupakai sebagai pembeda dari ningrum-ningrum lain hasil klikkan google atau yahoo yang alumni atau sedang belajar di UGM, ITB atau ITS, aku bukan diantara mereka.

Kemudian sampai kini pun aku belum bisa menggenrekan isi dari blog perempuannya, masih tak jelas. Ha’a barangkali kejelasan itu justru terletak pada ketidakjelasan blog ini.

Soal kualitas dan kuantitas. Penilaian ku terhadap segi kualitas tulisanku. Aku kira, kualitasku masih pada posisi urut belakang. Baik dari segi teknik atau aturan main menulis atau sistematikanya. Bacalah tulisanku masih ada yang main lompat-lompatan, kesalahan huruf,  barangkali juga tidak runut dan sebagainya. Bobot tulisan masih sangat diragukan. Dari segi materi saja, banyak yang tidak up to date atau kurang data.

Btw, sesungguhnya keinginanku si memang menuliskan hal-hal yang tak melulu ke-kini-an. Artinya kecenderungan keinginan-keetertarikanku adalah pada  hal-hal yang tak habis hanya di kini. Ya kira-kira tak akan bisa kadar luarsa. Walaupun ada juga tulisan yang sifatnya temporal mengikuti emotionalitas diri;bahagia atau pilu yang bisa ada dari fenomena obyek aku atau di luar aku (segala hal). Hal itu terpostingkan karena ingin berbagi, juga karena tak mau mengandangkan dan menganakpinakan hal tersebut dalam diri. Untuk hal ini aku bisa sangat reaktif atau juga proaktif.

Soal kuantitas postingan, hmm dalam satu bulan hanya beberpa saja yang bisa aku postingkan (bahkan pernah satu bulan penuh tak memposting). Ada tulisan yang lainnya tapi, hanya mandeg;berhenti di document untuk konsumsi sendiri, diantaranya kudapati, ku anggap sangat mentah. Ada jugayang belum menjadi apa-apa, heee terang saja, karena baru berupa ide atau tema tulisan di file ide judul. Kurang giat menulis barangkali, virus malasnya  masih sering aktif… 🙂

Lalu bagaimana dengan kuantitas pengklik? Ya tak jauh beda, minim pengklik, dalam satu tahun blog perempuannya hanya ber-blog stat 7500-an. Jika dirata-ratakan per harinya hanya 20 pengklik. Wah barangkali saya akan sangat senang bukan kepalang jika perharinya bisa melebihi 200 pengklik. Jika demikian maka, angka terse but dapat dijadikan sebagai salah satu indikator kebutuhan orang lain terhadap tema poostinganku, kata lainnya punya nilai manfaat.
Ya, sangat mungkin juga si pengklik hanya iseng atau kebetulan (bukan kebutuhan) menemukan blog perempuannya ningrum yang masih terlihat tak terawat dengan baik.

Untuk kedepannya, akankah selalu mampu blog perempuannya ningrum memberikan informasi atau bacaan yang kira-kira juga diperlukan orang lain? Jawab sekarang saja ya, aku belum sepenuhnya yakin. Lho kok? Ya karena aku belum merasa memiliki kemampuan dan waktu yang cukup untuk memberikan informasi atau postingan yang inovatif dan atau kreatif, tidak umum, tidak biasa  dan penuh ke-khas-san.

Untuk selanjutnya dan seterusnya,
Akan mumpunikah aku untuk menulis di blog ini?
Semoga

Responses

  1. Nice blog, s’moga pengunjungnya mengalir deras kek kran ledeng 🙂

  2. selamat bermilad yah blog-nya ^-^ smoga manfaat buat semua, amin..

  3. 4 Cecepswp
    Makasih deh, semoga ya 🙂

    4. Nurma
    terimakasih mbak, ya semoga bermanfaat
    *pengennya si emang gitu, tapi tau deh* 🙂

  4. Mbak Ningrum memang cukup serius yah memperhatikan blognya, hingga diulang tahuni setahun ini. Kalau boleh menilai, tulisan mbak itu runut enak dan perempuan banget. Saya merasa enjoy membacanya tidak ada kok yang loncat2an apalagi lompat pagar. Yang jelas saya lamaaa banget kemari, dan tiba2 beberapa postingan kubaca, ada “rasa iri” dengan isi tulisannya yang cukup bernilai. 😀

    selamat berkarya dan terus tanpa henti………

  5. Serius? Biasa aja bang, karena idenya mentok, jadi bikin evaluasi blog, momennya pas satu tahun Blog Perempuannya Ningrum (BPN).
    Lompat pagar? Wah jadi inget bese camp GIM limited-LPM, kos-kosan dan kamar biruku;may litel hom 🙂

    Terimakasih untuk motivasi dan kesediaan membaca/meluangkan waktu ke BPN yang terlihat apa adanya banget daripada ada apanya, belum bisa memberi apa-apa. *ningrumnya masih gaptek dan berpengetahuan cetek si* 😦

  6. Ningrum, 1 tahun sosok perempuan “kita”

  7. 4.Naragita
    Apa gak lebai sam naragita? keknya saya belum bisa jadi representasi perempuan2 🙂

  8. at least jauh lebih baik dari saya yang masih belajar ni…eh ya dah 4 bulan saya ngeblog, kok belum mampir? saya tagih ni janjinya dulu 🙂

  9. 4,Buneradya
    mampir? saya belum yakin

  10. ?


Tinggalkan Balasan

Kategori

