Oleh: Ningrum | 3 Maret 2011

1000 Metamorfosa Nama

Nama itu do’a, maka dari  itu kanjeng Nabi menyarankan untuk memberi  nama yang baik pada anak. Hmmm… tapi kalau kawan-kawan memberi julukan atau memanggil aku entah ada pertimbangan itu atau tidak. Ya,  kuterima dengan senang hati, karena mereka telah memberi isyarat kekhususan atau nama panggilan spesial  untukku, terimakasih ya :)

Hehehe sebenernya mau  nulis apaan sie?. Kemarin tu ke Perpustakaan berlogo bola dunia. Eh pas di meja yang kursinya aku duduki kebetulan ada  buku kesehatan. Jadi kubukalah buku itu, baca daftar isi, eh kebetulan ada topik yang menarik. Apa itu? soal kedele (kedelai) hehehe. Menarik? ya karena kedelai ini sangat dekat denganku, sejak kecil kedelai menjadi makanan/minuman yang sering  dikonsumsi dalam bentuk: kedelai rebus berkulit, tempe, tahu, peyek dan susu kedelai. Kalau orang Eropa menggolongkan makanan ini makanannya  kaum hippie: ras asia dan kalau gak salah hippie dimasukkan ke masyarakat kelas tiga.

Nah disitulah aku menemukan kata Shen Nong (bahasa China), artinya petani hebat. Nah kalau Nong saja berarti hebat. Waaah terimakasih ya kawan, terutama Anisah yang memanggil aku dengan sebutan Nong :) . *walahke-gr-an*. Heheh gak apa-apa lah, kalao nama itu doa berarti setiap kali Anisah memanggilku Nong, berarti ia telah mendoakanku untuk menjadi orang hebat, amin… terimakassih :)

Sebutan kedua, Ninum, entah artinya apa. Bapak almarhum yang memberi panggilan ini. Kukira untuk  menghaluskan Ningrum menjadi Ninum. Hingga kini nama tersebut menjadi panggilanku dikeluarga; ibu, mbak, mas dan keponakanku. Btw, yang memberi nama Handayaningrum juga almarhum bapak. Kok sebagian mirip nama ilmiahnya lada ya: Piper nigrum L. :) , kebetulan si pas aku lahir Lampung, lada lagi laku kerass dan harganya meroket karena banyak permintaan untuk diekspor..

Btw si yang pas tu namaku jawa banget.  Kalo searc di mbah google: Ningrumnya doang artinya yang wangi yang memberi ketenangan klik di sini, semoga. Ada yang mengartikan Dalam jiwa juga.  Lahh macam-macam. Kalo handaya ya mirip2 dikit dengan Tut wuri handayani :) , seperti yang pernah almarhum bapak bilang, ya seputar itu lah.

Lainnya, Ningrum diperpanjang menjadi: bening dan harum, perpanjangan ini dari mbah Hisyam guru ngaji waktu kelas 5 dan 6 SD pasca ngaji di rumah bersama mbak-mbak, mas dan bapak almarhum. Atau Harum saja yang dipersingkat oleh kakek Ill yang kuceritakan  klik disini . Juga yang memanggil Han, si lala temen SMP N 3 metro. Olga: olahraga, ketika  dapet giliran “nguli” di kompartemen olahraga.  Nyit-nyit; karena dia berbadan besar dan aku lebih kecil dari kakak tingkatku itu, mbak Yanti.

Lalu,  ummi; karena jadi ummi sementaranya mereka.  Hani (pronounsation dari honey): Hani is singkatan dari Handayaningrum. Ada yang Ning saja, atau Rum saja. Juga Hani tanpa huruf a, sebagai kode yang kugunakan di tempat kerjaku dulu.  Sebagai Nuk; panggilan dari mbak Ipit teman se-asrama waktu kuliah yang sekarang sudah di Riau. Item, Kak Aan dan kak Fathul Muin Aziz, hiii padahal kulit keduan kakak tingkatku itu tidak lebih terang daripada kuliku. Lalu, Presiden kampusku memanggil Mbrung, dia teman sepusing di komisariat dulu.  Selain itu, aku disebut si SF: Single Fighter, kalau ini kak Tigor T yang kasih;  gara-garanya dulu aku sering kemana-mana dan urus apa-apa sendiri :) . Btw kak Tigor tu orang yang berjasa menjembatani hobiku dengan sebuah lembaga kampus.

Yah ndak apa-apa, ada 1000 (sebagai perumpamaan/ sebutan yg banyak) panggilan untukku. Semoga  itu tidak mengurangi doa baik kalian semua terhadapku; Handayaningrum :) Terimakasih ya telah pernah dan sedang bersamaku. Semoga Tuhan memberikan kebaikan-kebaikan kepada kalian semua.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: