Oleh: Ningrum | 2 Juli 2011

Selalu Ada Jalan Keluar

Pelajaran pertama hari ini; “Tidak ada rotan akar pun jadi” Itulah yang terjadi sore tadi. Dan pepatah tersebut banyak benarnya. Dalam keadaan yang terdesak terkadang muncul jalan keluar yang sebelumnya tidak pernah terfikirkan oleh kita. Hingga apapun itu bisa menjadi alternnatif sebagai jalan keluar dan tidak mustahil dapat menuntaskan permasalahan yang sedang kita hadapi.

Pelajaran kedua. Kata tetangga saya, kemudahan yang kita peroleh, termasuk kebaikan orang lain terhadap kita, dipercayai atau tidak, bisa jadi beragam hal adalah “buah” dari yang sengaja atau tidak di-ter tanam. Kira-kira begini: Pintu kemudahan akan terbuka ketika kita telah mencoba membuka itu sebelumnya untuk orang lain. Misalnya saja sedekah. Kerap kali keinginan kuat untuk bersedekah itu tanpa disadari adalah bagian dari insting yang sesungguhnya berisyarat kepada kita untuk menggunakan dan mengambil salah satu “kunci” yang akan melapangkan jalan atau kejadian-kejadian yang akan terjadi di waktu setelah itu. Artinya, tanpa disadari jalan keluar itu bisa datang atau selalu ada penangkal sebelum ada permasalahan. Benarkah? Satu-satunya jawaban adda pada pembuktiannya.

* * *

Cerita pelajaran pertama, saya pergi pagi-pagi dan masih ada orang rumah. Tapi ketika pulang menjelang senja, ternyata rumah kosong, saya tidak membawa kunci duplikat dan tidak mungkin menunggu kunci lain karena, pembawa sedang di luar kota sejak tadi siang dan akan menginap.

Berfikir tujuh keliling, tentu tidak keliling-keliling sebanyak 7kali, hehe. Pokonya saya harus bisa masuk karena jika tidak akan sangat menghawatirkan. Rumah akan gelap gulita dan saya pun akan sangat tidak tenang pasti, mengingat memang hordeng belum menutupi jendela.

Menyebarkan akal, Alhamdulillah dapat caranya, meski agak dramatis dan sedikit bertindak kriminal akhirnya, dengan dibantu tetangga, si lelek, saya bisa masuk tanpa kunci pintu rumah🙂

Syukur kepada Tuhan, atas yang ada tadi pagi, siang hingga menjelang senja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: