Oleh: Ningrum | 3 November 2007

Membaca dan Mengikat Makna Ketakutan Terbesar Para Bloggers

Saya mencoba mengamati kreasi para blogger pada tampilan blognya yang tampak variatif dan apik. Mulai dari header juga isi blog, yang bisa hanya berupa tulisan, Photo, gambar handmade atau penggabungan keduanya. Cukup menarik!, terkecuali punya saya, masih berantakan, heeeee.

Dalam ketertarikan itu, ada hal-hal menarik lainnya ketika saya membaca-baca postingan teman’s, apapun itu bentuknya baik tulisan maupun gambar. Ketertarikan saya adalah pada ketakutan para bloggers. Mungkin suatu hari saya juga akan menunjukkan ketakutan yang sama dengan bloggers senior. Ketakutan yang dimaksud adalah mendapatkan sebutan penjiplak, peniru, plagiator atau sebutan sejenisnya.

Kali ini saya minta ijin bang Hernowo untuk meminjam istilah mengikat maknanya pada judul diatas. Diijinkan kan yang begini, menyertakan nama pemopulernya.

Ada saja blogger yang mengklarifikasi jika hasil karyanya adalah bukan hasil dari menyontek. Bukan ditulis setelah membaca karya blogger yang serupa, dengan argumen tidak sengaja atau tidak mengetahui postingan. Itu;masuk diakal, bisa diterima. Padahal sebelum klarifikasi itu dikemukaan, tidak ada blogger yang menyatakan tulisan atau gambar itu adalah hasil plagiat. Tetapi tetap saja ia lakukan untuk mengklarifikasi sesuatu yang sungguh tidak diperbuat. Walaupun sebenarnya tidak perlu, kalau tidak merasa meniru.

Ketakutan yang saya baca, lalu saya maknai. Hasil pemaknaan yang saya dapatkan justru sebuah hal yang positif. Ketakutan yang saya peroleh dalam klarifikasi itu, sangat mungkin bersanding dengan kesadaran. Kesadaran bahwa sebuah karya itu lebih bernilai dan lebih pantas dihargai oleh yang mengalami ketakutan atau orang lain ketika, tulisan atau gambar adalah hasil olah pikir diri sendiri (baca;penderita ketakutan). Sehingga mampu memberi atau memunculkan pesan ada;ada mau, ada karya. Juga pesan bisa, bisa mencipta. Dan saya cukup mengapresiasi ketakutan ini sebagai hal yang positif untuk blogger’s selalu punya keinginan untuk berkreasi.

Sebenarnya, kemungkinan sama bukan hal yang aneh apalagi mustahil pada dua atau lebih blogger yang berbeda. Sama memiliki ide, kebiasaan, cara pikir-logika berpikir, atau cara pandang yang hampir serupa terhadap sebuah objek. Hingga membawa dampak pada postingan mereka yang tidak jauh dari kondisi yang mereka alami satu dengan lainnya. Jadi, selama benar-benar tidak melakukan tindakan plagiat atau pengcopyan, tulisan yang dimiliki postingkan saja, walau sudah ada yang beride, berpengalaman sama. Mengapa mesti takut dan enggan?Perlu menjadi catatan, kemungkinan ini jangan sampai menjadi kambing hitam atau pun pelegalan atas penjiplakan yang mungkin akan dilakukan secara sengaja. Hal itu mengingat proses menjadinya sebuah karya pribadi, hasil olah kreatifitas blogger’s telah melalui perjalanan menjadinya. Atas keterbukan mengungkapkan hasil pikir dan rasanya, juga atas kesediaan berbagi sesama bloggers, saya memberikan apresiasi positif kepada semua.

Salam

(Ningrum) Perempuan


Responses

  1. Salam.

    Kadang ketika ingin menulis sebuah topik, sata rasa topik yang saya angkat pun pernah diangkat orang lain. Secara itu topik yang agak umum… Tapi bagaimanapun, saya berusaha menuliskannya dari sisi saya.

    Ah iya, agaknya sebelum menuduh ini plagiat atau nggak, mkita sebaiknya melakukan observasi dulu. 😉
    Juga introspeksi diri tentunya.

    …biar nggak misuh. 😀

    Perempuan:
    Ya bener, sering sekali ide yang kita punya, ternyata dimiliki juga oleh orang lain.
    Sib, sebuah keputusan yang tepat!!! “Menuliskan dari sisi saya”

    Misuh apan to?

  2. kalo saia sih ndag fernah takud untuk dikokifes, secara saia ini emang masi cofo sangadh, tulisan saia juga ndak friendly-reader…mhehuehuehuehu
    ah ya, salam kenal dari blogirang!

    Perempuan:
    Weleh, bahasa apa lagi ni? penemuan baru dalam ragam bahasa indonesia “-),
    banyak yang ndak aku ngerti e’ ini bahasanya??
    Dicopy ya ndak apa-apa to, kalau memang mau dibaca, malah berterimakasih ada yang mau membaca
    Salam kenal juga dan terimakasih 🙂

  3. Salam kenal tante, goop sedang jalan-jalan

    tulisan dari saking banyaknya blogger pasti adalah satu dua yang sama, tapi saya percaya bahwa mereka ga akan sekedar copy paste…pasti ada yang beda,

    -benar ga ya??-

    *mikir-mikir*

    Perempuan:
    Salam kenal juga keponakan, eh unclegoop 🙂
    Hobi jalan-jalan juga ya Goop, sama dengan saya *eh sama ga ya* Bukan dalam tulisan saja yang sama, ada hal lain seperti hobi juga ternyata ada yang sama ya 😉

    Ya, berfikir postip aja ya. Saya juga yakin blogger punya kemampuan berkreasi. Kalau ada kesamaan kan ga harus dibedakan kembali…..Baik sama dalam ukuran yang sedikit, sedang dan atau banyak.
    Jadi, membiarkan yang sama dan yang beda, biarlah…

  4. Kalau saya tergantung niatnya jeh, namanya ide kan darimana saja. Entah dari mata, telinga lidah sendiri atau lidah orang bahkan dari menghayal yang “jorok-jorok” sekalipun bisa terkuat ide segar… dan jadilah tulisan…

    perkara ada blog lain yang menulis mungkin saja karena temanya sama, tapi kan tidak usah khwatir..

    perkara mengikat makna, hasil plagiatan orang lain jels itu bagi saya amat dihindari, adapun menulis ulang dengan sudut pandang lain boleh² saja kan???

    btw, mengikat makna itu istilah yang enak sekali jadi teringat shahbat Ali kw berkata: “ikatlah ilmu dengan menuliskanya”

    selamat bergoblog ria, saya menantnikan letikan-letikan pikiranmu dari mata, telinga, lidah dan hatimu bahkan dari sutas rambutmu ayo critakanlah apa yang kau ketehuai maka akan menjadilah ia sebagai ilmu *halah* 🙂

    Perempuan:
    Ya, ya,ya jadi plagiat harus dijauhi tohh?
    Bergoblog ria apa nih artina? Wah ga mau ah kalo berbahagia dalam bergoblok-goblogan. kalau berblog ria boleh juga, soalnya jadi banyak punya teman. Menanti? wah yakin ni Bang, saya sendiri masih bertanya-tanya, bisa ga ya tulisan saya jadi yang dinanti??

  5. plagiat itu kalo memang benar2 sama.
    Kalo cuman tema atau idenya sama tetapi penyampaian dan gaya bahasa yang berbeda tidak masalah karena menang di dunia itu kadang ada serba kebetulannya 🙂

    Perempuan:
    Kayaknya gitru sieeeh 🙂
    Repot juga juga ya kalao misalnya X menulis topik A, secara bersamaan Y juga sebenernya kepikiran alias punya ide tentang A, terus Y ga jadi nulis tentang topik A.
    Wah Kalo begini kejadiannya, bakalan sedikit yang bekarya neh hanya karena faktor kebetulan mengakibatkan keengganan
    berkreatifitas. *Ya ga?

  6. Iya betul. Plagiat itu kalau isinya bener2 sama. Tapi kalau tulisannya beda tetapi idenya sama, itu bukan plagiasi, tetapi mendapat inspirasi yang sama. Atau terinspirasi oleh tulisan yang mirip.

    Perempuan:
    Oooo…hmmmmm
    Ya ya, berarti tetep beda, idenya tetap sama *ngulang lagi, heee*
    Ah jadi kepikiran ne ide sama inspirasi, sama ga ya? :-O *lho*

  7. Hmmm, Pembaca buku Hernowo juga ya? kadang2 plagiat juga perlu lho. Yg penting ada sumbernya! 😀

    Perempuan:
    Baca ga ya kemaren???? hiiiii
    Untuk menghargai hasil karya orang lain sieeh, kayaknya setiap kutipan
    baeknya disertakan sumbernya 🙂

  8. absen dulu mba puan…
    *aku ikut mba puan.. koneksi internet lagi ga enak*

    Perempuan:
    Eh boleh coba tebak ya….
    Selain koneksi internetnya lagi ga enak, ada yang lebih diprioritaskan kan?
    Btw selamat berjuang bang, aku ada dipihakmu!!! mudah-mudahan goal dan tahun depan dapet SK Pengangkatan, hehehehe
    *halah sok tahu*

  9. Tulisamu enak kok, mengalir bak air…
    ayo go blog terus tanpa lelah…

    perempuan:
    Mosok si bang? jadi pengkritikku mau yo?, kapan-kapan beri ponten buruknya bang 🙂
    makasih atas motivasinya, semoga ya….


Tinggalkan Balasan

Kategori

